Senin, 07 Maret 2016

Daftar Kota di Jawa Timur yang Dilintasi Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana matahari sebagian akan menyambangi wilayah Jawa Timur pada Rabu (9/3/2016).

Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim H Shofiyulloh ST MSi, mengatakan, berdasarkan hasil hisab yang dilakukan lembaga Falakiyah PWNU, gerhana matahari sebagian akan melewati sejumlah wilayah.

Wilayah itu Banyuwangi dan sekitarnya, Probolinggo dan sekitarnya, Pamekasan dan sekitarnya, Malang dan sekitarnya, Surabaya dan sekitarnya, Bojonegoro dan sekitarnya, Kediri dan sekitarnya, Blitar dan sekitarnya, serta wilayah Madiun dan sekitarnya.

Menurut Shofiyulloh di wilayah Madiun dan sekitarnya, gerhana matahari sebagian akan berlangsung selama 2 jam 16 menit 22 detik mulai pukul 06:20:52 hingga 08:37:14 WIB, dengan lebar gerhana sekitar 85,17 persen.Sedang di wilayah Banyuwangi dan sekitarnya, gerhana berlangsung selama 2 jam 19 menit 12 detik mulai pukul 06:21:59 hingga 08:41:11, dengan lebar gerhana sekitar 82,48 persen.
"Untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya, gerhana matahari sebagian akan berlangsung selama 2 jam 18 menit 17 detik. Mulai pukul 06:21:20 hingga 08:39:37, dengan lebar gerhana sekitar 86,04 persen," ujarnya pada Minggu (6/3/2016).

Shofiyulloh menambahkan gerhana matahari merupakan peristiwa langka dan istimewa, sehingga PWNU menghimbau masyarakat untuk menyambutnya.
Caranya, dengan melakukan kegiatan pengamatan, salat gerhana, dzikir, kegiatan sosial, dan kegiatan kefalakiyahann lainnya. "Lembaga Falakiyah PCNU se-Jatim sudah kita minta melakukan kegiatan tersebut dan melaporkan hasilnya ke kami," jelasnya.

Khusus pengamatan gerhana matahari secara langsung, Shofiyulloh minta, harus memakai pelindung mata khusus atau kacamata matahari. "Ini untuk safety (keamanan)," tegasnya.
Berbeda dengan wilayah Jatim yang terjadi hanya gerhana matahari sebagian. Sejumlah wilayah di Indonesia, pada 9 Maret lusa akan dilewati gerhana matahari total.
Wilayah tersebut, antara lain Palembang, Bangka, Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate, dan Halmahera. "Di luar wilayah itu, akan mengalami gerhana matahari sebagian seperti yang terjadi di Jatim," pungkas Shofiyulloh.

(sumber: http://surabaya.tribunnews.com/2016/03/06/inilah-daftar-kota-jawa-timur-yang-dilintasi-gerhana-matahari-sebagian-pada-9-maret-2016)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

waktunya berdiskusi